Menu
header photo

Title

Subtitle

Mengatasi Sedimentasi Lumpur Menggunakan Geotube

October 3, 2016

Padatan tersuspensi saat air kotoran produksi tentunya akan benar berpengaruh lawan kualitas uap yang akan dibuang di badan air, oleh karena itu perlu adanya instalasi khusus untuk dapat menggerawatkan material tersuspensi tersebut laksana settling pond, atau species IPAL lainnya, Pada kegiatan industri yang menggunakan instalasi pengelolaan larutan limbah (IPAL) seperti industri pembuatan minyak goreng, serta Industri pertambangan biasanya saja ada eliminasi kolam-kolam endapan agar sedimen-sedimen lumpur tidak mengganggu kualitas air yang akan dikeluarkan.

Banyak jalan yang sanggup dilakukan untuk mengurangi pemfokusan sedimen lumpur pada situ pengendapan, menyerupai melakukan pengerukan manual secara berkala, akan tetapi untuk mutu kolam endapan yang pas luas tentunya cara itu akan selit-belit dilakukan. Teknologi geotube merupakan salah satu solusi untuk siap mengurangi sedimentasi lumpur yang tidak mungkin dilakukan pengerukan beserta menggunakan excavator.

Geotube adalah teknologi pengerukan lumpur dalam kolam-kolam pengendapan dengan mempergunakan pompa dredger (kapal keruk), kemudian lumpur yang terpadu dengan larutan ini hendak dipompa di wadah-wadah yang berbentuk karung besar (tube) melalui pipa. Sebelum sampai ke karung-karung besar tersebut, air yang dipompa itu dicampur secara menggunakan tirta kimia khusus yang berfungsi untuk menggiat proses pengendapan (flokulan).

Flokulan akan mengundang padatan tersuspensi yang mempunyai diameter super halus berikut membentuk flog-flog atau koloni karena sama-sama mengikat, dengan demikian mengakibatkan massanya akan tambah bertambah yang akan menimbulkan padatan tersuspensi ini mengendap.

Wadah gede yang dimanfaatkan untuk menampung air yang mengandung padatan tersuspensi tersebut memiliki liang roma halus yang masih mengizinkan air mampu meresap tampak, sehingga padatan tersuspensi / lumpur-lumpur itu akan terperangkap di dalam tube tersebut.

Larutan yang menongol dari liang roma wadah (tube) akan terdapat TSS yang sangat imut, karena lumpur atau padatan terlarut tenggelam dalam tube tersebut serta dalam sejumlah hari hendak mengering. http://geotextia.com/ Wadah-wadah besar yang berisi lumpur kering tersebut dapat digunakan sebagai penahan timbunan (disposal) atau kerap digunakan guna bendungan pada laut.

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.